Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 05:29

Gubernur Kalsel Lepas Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Pesan Paman Birin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Banjarmasin, mu4.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau sering disapa Paman Birin, melepas keberangkatan Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin dari Bandara Syamsudin Noor pada Ahad pukul 08.40 WITA. Ia didampingi istri, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel yaitu Dr. H. Muhammad Tambrin, dan unsur Forkopimda di Asrama Haji di Kota Banjarbaru. 

Gubernur berharap para jemaah calon haji kloter 01 dengan jumlah 320 orang beserta petugas dan tim kesehatan selamat sampai ke Madinah Arab Saudi.

Paman Birin berharap agar para jemaah setelah tiba di sana dan menjalankan ibadah haji, mendoakan agar daerah ini tetap aman, damai, dan diberkahi, sebagai Kalsel Babussalam. 

Menurutnya, para jemaah yang berkesempatan berangkat tahun ini harus senantiasa bersyukur dan menjaga kesehatan, agar ibadah mereka berjalan lancar dan mereka dapat kembali ke tanah air dengan selamat, serta mendapat haji yang mabrur.

Baca Juga: Kebijakan Baru, Arab Saudi Berikan Smartcard Kepada Jemaah Haji 2024, Apa Fungsinya?

Hal ini disebabkan oleh antrian haji di Provinsi Kalsel yang mencapai 140 ribu, sehingga para jemaah yang berangkat tahun ini harus menunggu cukup lama.

“Jadi yang berangkat hari ini sebagai tamu Allah SWT harus bersyukur dengan kesepakatan yang sudah diberikan dan dimudahkan,” ucapnya, dikutip dari borneOnews, Senin (13/5).

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Dr H Muhammad Tambrin, menginformasikan bahwa para jemaah calon haji Kloter 01 Embarkasi Banjarmasin telah tiba di asrama haji sejak 11 Mei 2024 sekitar pukul 09.30 WITA. 

Mereka berangkat menggunakan maskapai Garuda Indonesia pada Ahad (12/5) pukul 08.40 WITA menuju Madinah Arab Saudi. Menurutnya, semua jemaah calon haji telah dinyatakan layak untuk terbang, tanpa ada yang ditunda, meskipun beberapa di antaranya memerlukan kursi roda.

Baca Juga: Penempatan Hotel Jemaah Haji Kalselteng di Jarwal, Makkah. Disini Lokasinya!

Tambrin menekankan bahwa pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 tetap mengutamakan tema “ramah lansia”, sehingga jemaah calon haji lansia menjadi prioritas dalam pelayanan haji tahun ini. Sebagaimana yang telah diungkapkan sebelumnya oleh Tambrin, Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2024 mengirimkan total 19 Kloter dari dua provinsi, yaitu Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. 

Jumlah jemaah calon haji dari Embarkasi Banjarmasin yang berangkat pada musim haji tahun 2024 mencapai 5.759 orang, terdiri dari 4.071 orang dari Kalimantan Selatan dan 1.688 orang dari Kalimantan Tengah.

Sumber: borneOnews

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!