Media Berkemajuan

28 Februari 2024, 05:41

Disebut Mirip Ka’bah, Apa Tujuan Proyek The Mukaab Arab Saudi?

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
The Mukaab [Foto: globalvillagespace.com]

Arab Saudi, mu4.co.id – Arab Saudi berencana membuat bangunan raksasa berbentuk kubus di pusat Kota Riyadh. Proyek bertajuk ‘The Mukaab’ ini menuai tanda tanya.

Sebab konstruksinya yang berbentuk kubus memiliki kemiripan dengan Ka’bah yang merupakan monumen suci bagi umat Islam.

Bahkan proyek tersebut telah diresmikan Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman pada Kamis (16/2/2023).

Putra Mahkota Arab Saudi akan memimpin langsung proyek ini.

Dilansir dari GlobalVillagesSpace, The Mukaab direncanakan berada di pusat New Murabba yang rencananya akan menjadi pusat kota modern terbesar di dunia.

Menurut Saudi Press Agency (SPA), proyek ini merupakan bagian dari Visi 2030 Arab Saudi untuk mendiversifikasi ekonomi kerajaan dan untuk mengurangi ketergantungannya pada pendapatan ekspor minyak.

Public Investment Fund (PIF) Kerajaan Saudi mengungkap, “The Mukaab” memiliki arti kubus itu akan berdiri setinggi 400 meter. Bagian dalamnya terdiri dari bentuk segitiga yang tumpang tindih, dalam gaya arsitektur yang terinspirasi oleh wilayah Najd di Arab Saudi.

Proyek ini akan berlokasi di barat laut Riyadh di area seluas 19 kilometer persegi di persimpangan jalan Raja Salman dan Raja Khalid.

Foto: kompas.com

Struktur pusat Mukaab diklaim cukup besar untuk menampung 20 gedung Empire State. Gedung ini mencakup 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, dan 1,4 juta meter persegi ruang kantor. Proyek ini juga akan menampilkan museum, universitas teknologi dan desain, teater imersif, dan lebih dari 80 tempat hiburan.

Mukaab akan menjadi tujuan imersif dan pengalaman pertama di dunia yang lengkap dengan teknologi digital dan virtual dengan holografi terbaru. 

The Mukaab diproyeksi dapat menyumbang 180 miliar riyal atau US$48 miliar ke ekonomi Saudi dan menciptakan 334.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung. Namun, biaya proyek ini belum dirilis.

Sumber: kompas.com ekonimi.bisnis.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!