Media Berkemajuan

13 April 2024, 11:14

Di Tengah Ketegangan di Timur Tengah, Iran Sukses Luncurkan Satelit Ke Orbit Tertinggi!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
[Foto: apadansiapa.com]

Teheran, mu4.co.id – Iran berhasil melakukan peluncuran satelit ke orbit tertingginya, dengan muatan 50 kg, di tengah ketegangan di Timur Tengah terkait perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, serta usai serangan udara dengan Pakistan, Sabtu (21/01/2024).

Kantor berita IRNA melaporkan bahwa Satelit Soraya ditempatkan pada orbit 750 kilometer di atas permukaan bumi dengan roket tiga tahap. Peluncuran tersebut merupakan bagian dari program luar angkasa Garda Revolusi Iran dan juga program luar angkasa sipil Iran.

“Satelit Soraya dari Organisasi Luar Angkasa Iran… berhasil diluncurkan dengan pembawa satelit Ghaem-100 dari Korps Garda Revolusi,” tulis kantor berita resmi IRNA.

Baca juga: Iran Luncurkan Serangan Bom Ke Pakistan, Akan Ada Perang Baru?

Sementara itu, Militer Amerika Serikat (AS) dan Departemen Luar Negeri tidak segera menanggapi. AS sebelumnya mengatakan peluncuran satelit Iran melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan meminta Teheran untuk tidak melakukan aktivitas yang melibatkan rudal balistik yang mampu menghasilkan senjata nuklir.

Sanksi PBB terkait program rudal balistik Iran berakhir pada bulan Oktober. Penilaian ancaman global yang dilakukan komunitas intelijen AS pada tahun 2023 mengatakan pengembangan kendaraan peluncuran satelit memperpendek jangka waktu bagi Iran untuk mengembangkan rudal balistik antar benua karena negara tersebut menggunakan teknologi serupa.

Rudal balistik antar benua dapat digunakan untuk mengirimkan senjata nuklir. Dan kini Iran memproduksi uranium mendekati tingkat senjata setelah gagalnya perjanjian nuklir dengan negara-negara besar.

Sumber: sindonews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!