Media Berkemajuan

25 Juni 2024, 20:03

Berusia 119 Tahun, Kakek Harun Jadi Jemaah Haji Tertua se-Indonesia Tahun 2023 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kakek Harun Jemaah Haji Tertua se-Indonesia Tahun 2023. [Foto: TribunMadura/Kuswanto Ferdian]

Jawa Timur, mu4.co.id – Kakek Harun berusia 119 tahun menjadi jemaah haji tertua se-Indonesia tahun 2023. Ia berasal dari Desa Pangbatok Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. 

Pada 24 Mei 2023 mendatang Kakek Harun akan berangkat ke tanah suci Makkah sesuai dengan jadwal keberangkatan haji tahun 2023.

Meskipun sudah berumur 100 tahun lebih kondisi kesehatan Kakek Harun cukup bagus tetapi pendengarannya menurun. Kakek Harun akan mendapatkan pendampingan dari pemerintah, karena tidak ada dari pihak keluarga yang menemaninya berhaji.

Kakek Harun mendaftar haji pada tahun 2017 setelah menjual tanahnya Rp 80 juta. Ia membayar uang muka sebesar Rp 29 juta melalui biro penyelenggara haji dan umrah Assyarifain.

Lalu tanggal 29 Januari 2018, ia kembali menyetor uang sebesar Rp 8 Juta berkat hasil menabung dari penjualan ayam kampung.

Di tahun 2023 ia mendapat kabar bahwa masuk kuota keberangkatan haji pada tahun ini, kemudian untuk melunasi kekurangan biaya pendaftaran haji ke biro, Kakek Harun harus merelakan menjual dua sapi betina yang dipelihara selama 2 tahun.

Baca juga: Deadline Pelunasan Biaya Haji Reguler Diperpanjang! Catat Tanggalnya, Jangan Terlewat

Masing-masing sapinya laku dengan harga berbeda, sapi betina yang besar laku Rp 10 juta dan sapi betina yang kecil laku Rp 7.5 juta.

Kakek Harun pun membayar kekurangan biaya pendaftaran hajinya sebesar Rp 13 juta pada 29 Maret 2023 kemudian melunasi pembayaran pada 10 April 2023.

“Bulan puasa kemarin dua sapi saya yang dijual untuk melunasi kekurangan biaya berangkat haji itu,” ujar kakek Harun dilansir dari bogor.tribunnews.com (14/5).

Baca juga: Cek Perkiraan Keberangkatan Haji Anda Lewat Aplikasi ini!

Mendapat kuota haji tahun ini tentu membuat Kakek Harun sangat bersyukur karena awalnya ia mendapat jadwal tunggu keberangkatan haji tahun 2046.

Menurut kakek Harun, doanya selama ini diijabah oleh yang Maha Kuasa.

Kakek Harun berniat akan mendoakan Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya ketika pertama kali menginjakkan kaki di Makkah.

“Saya juga akan berdoa memohon keberkahan hidup, panjang umur, dan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dunia akhirat.” ucap kakek Harun dengan mata berkaca-kaca.

Sumber: bogor.tribunnews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!