Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 04:55

Banjir di Sumbar Telan Puluhan Korban Jiwa!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Tim gabungan mencari korban banjir bandang dan banjir lahar dingin di beberapa wilayah lereng Gunung Marapi Sumatera Barat. [Foto: detiknews]

Sumatera Barat, mu4.co.id – Banjir landa tiga wilayah di Sumatera Barat (Sumbar) sejak Sabtu (11/5) malam. Sebanyak 41 orang dinyatakan telah meninggal dunia akibat banjir tersebut.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, melaporkan bahwa dari total 41 korban meninggal, 19 di antaranya berasal dari Kabupaten Agam, 15 orang warga Tanah Datar, dan 7 lainnya di Kota Padang Panjang.

Baca Juga: Dubai Dilanda Banjir Besar, Begini Kondisinya!

Abdul Muhari juga menjelaskan bahwa banjir dipicu oleh curah hujan yang tinggi.

Banjir melanda lima kecamatan di Kabupaten Tanah Datar, yaitu kecamatan X Koto, kecamatan Batipuh, kecamatan Pariangan, kecamatan Lima Kaum, dan kecamatan Sungai Tarab.

“Kaji cepat sementara tercatat 25 KK terdampak, 24 unit rumah warga terdampak, dan 12 unit jembatan terdampak,” ungkap Abdul, dikutip dari CNN, Senin (13/5).

Baca Juga: Heboh Banjir Demak Tanda Kembalinya Selat Muria, Ini Kata Badan Geologi!

Dia menyatakan bahwa BPBD Kabupaten Tanah Datar dan pihak terkait terus berupaya evakuasi warga yang terkena dampak. Ia menyampaikan bahwa sampai hari Minggu siang, penanganan darurat berfokus pada pencarian dan pertolongan.

Dia menjelaskan bahwa banjir ini juga meninggalkan endapan lumpur yang cukup signifikan.

“Oleh karena itu, selain upaya pencarian dan pertolongan, tim gabungan pada hari ini juga berupaya melakukan pembersihan ruas jalan Batusangkar-Padang Panjang yang terdampak endapan lumpur. Alat berat dikerahkan guna percepatan pembersihan akses jalan ini,”

Sumber: CNN

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!