Media Berkemajuan

25 Mei 2024, 06:55

Bagi Pencinta Kopi Hitam, Inilah Manfaat yang Diperoleh Untuk Kesehatan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
kopi hitam
Manfaat minum kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan [Foto: jawapos.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Bagi pencinta kopi tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis kopi hitam. Selain memberikan sensasi original, kopi hitam juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Lantas apa saja manfaat minum kopi hitam tanpa gula tersebut?

Dikutip dari laman health.kompas, bahwa Pharmeasy dan WebMD menyebutkan 10 manfaat minum kopi hitam, yaitu:

1. Menurunkan berat badan

    Kafein pada kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar energi sehingga rasa lapar juga akan berkurang. Kopi hitam juga memiliki kandungan asam klorogenat yang berguna untuk memperlambat pembentukan glukosa yang juga baik untuk menyeimbangkan berat badan.

    2. Meningkatkan performa fisik

    Kandungan kafein pada kopi juga dapat menstimulasi sistem saraf sehingga kadar adrenalin di dalam darah dapat meningkat. Hormon adrenalin dapat menyiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang berat, termasuk sebelum berolahraga.

      3. Menurunkan risiko diabetes

      Minum kopi hitam secara rutin sudah terbukti dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang sehat, bahkan hingga 11 persen. Namun, Anda yang mengidap diabetes tipe 2 diimbau untuk menghindari konsumsi kopi karena justru dapat meningkatkan gula dan kadar insulin di dalam tubuh.

      4. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

      Minum kopi hitam setiap hari dapat meningkatkan tekanan darah, namun efek ini hanya berlangsung sementara. Bahkan, minum kopi secara rutin sudah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

      Baca juga: Hindari Minum Kopi Setelah Minum Obat, Begini Efeknya!

      5. Menurunkan risiko penyakit liver

      Liver, atau hati, merupakan organ tubuh yang penting yang akan mendukung kesehatan. Minum kopi hitam secara rutin dapat mengurangi racun berbahaya di dalam darah sehingga risiko kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis, dan sirosis hati.

      6. Menjaga agar saluran kemih tetap bersih

      Kopi adalah diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine sehingga Anda akan buang air kecil lebih sering. Peningkatan frekuensi buang air kecil dapat mengeluarkan zat-zat yang beracun dari dalam tubuh sehingga saluran kemih akan tetap bersih dan sehat.

      7. Menurunkan risiko kanker

      Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kopi dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker hati. Banyak ahli percaya bahwa kandungan antioksidan dan akrilamida pada kopi dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan zat karsinogenik.

      Baca juga: Minum Kopi dengan Telur di Pagi Hari Dapat Mengganggu Pencernaan. Benarkah?

      8. Meningkatkan daya ingat

      Minum kopi setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak dan membuatnya tetap sehat. Akibatnya, saraf otak akan tetap kuat dan daya ingat akan meningkat.

      9. Mengurangi stres

      Minum kopi dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menghindarkan dari kekakuan otot. Secangkir kopi hitam juga dapat meningkatkan neurotransmitter otak, seperti dopamin dan serotonin, sehingga suasana hati akan menjadi lebih baik.

      10. Menurunkan risiko Alzheimer

      Alzheimer adalah salah satu jenis demensia yang umumnya menyerang orang tua yang berusia lebih dari 65 tahun. Minum kopi sebanyak tiga hingga empat cangkir setiap hari sudah terbukti dapat menurunkan risiko demensia hingga 65 persen.

      Inilah manfaat minum kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan, karena relatif aman dan tidak akan menimbulkan efek samping tertentu. Namun, minum kopi hitam tanpa gula secara berlebihan, atau lebih dari empat cangkir setiap hari, dan sensitif terhadap kafein tentu saja dapat menyebabkan efek samping tertentu.

      Beberapa efek samping yang mungkin dialami, yakni insomnia (susah tidur), gelisah, peningkatan irama denyut jantung, sakit perut, sakit kepala, dan mual. Sehingga konsumsilah kopi hitam dengan jumlah yang wajar.

      [post-views]
      Selaras
      error: Content is protected !!