Media Berkemajuan

24 April 2024, 15:13

Ayu Azzahra Siswi Penghafal 5 Juz Qur’an

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Banjarmasin, mu4.co.id – Ayu Azzahra adalah salah satu siswi kelas 9 Putri SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin yang mengikuti Tasmi Hifdzil Qur’an. Meski baru berumur 14 tahun, ia berhasil menghafal 5 Juz Al-Qur’an.

“Sebenarnya hafal 6 Juz, tapi Juz 2-nya belum terlalu lancar. Jadi nanti mau diulang lagi menghafalnya,” ujar Ayu, sapaan akrabnya, dengan semangat. Ia menyebutkan beberapa Juz tersebut, yakni: Juz 30, 29, 28, 27, 2, dan 1. “Untuk Juz 26 ada beberapa surah yang sudah dihafal.”

Meski gugup menjelang Tasmi’, Ayu yakin ia pasti bisa karena sudah mempersiapkan ujian sejak lama. Setiap hari ia mengulang hafalan perhalaman. “Kalau ada bagian yang kurang hafal, selalu salah, atau lupa, biasanya lebih banyak diulang kembali. Fokus ke bagian itu. Minta tolong teman untuk mengoreksi,” jelasnya saat diwawancara pada Senin, (21/11/2022).

Ayu mulai belajar menghafal sejak kelas 5 SD. Metode hafalannya yaitu dengan cara membaca Al-Qur’an terlebih dahulu, kemudian sambil sesekali mendengarkan, lalu mengulang-ulang bacaan. “Aku menghafal sendiri, terus nanti disetor sama Ustaz di sekolah. Kalau di rumah, paling sama Mamah disetorin sedikit-sedikit atau minta bantuin koreksi.”

“Motivasiku menghafal karena didukung orang tua dan juga supaya ada kemudahan kalau ingin masuk SMA atau kuliah. Bisa lewat jalur prestasi, tahfiz.” Ayu berharap, semoga hafalan yang dimilikinya bisa awet terjaga. “Kalau bisa jangan cepet ilang hehehe. Semoga hafalannya bisa cepet nambah lagi aja.”

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!