Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 01:08

Arus Balik Penumpang KM Dharma Kartika II Capai 1.000 Lebih Tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Penumpang KM Dharma Kartika II tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Senin [15/4]. [Foto: ANTARA]

Banjarmasin, mu4.co.id – Pada Senin (15/4), puncak arus balik libur Idulfitri 1445 H/2024 M melalui jalur laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin mulai terasa. Jumlah penumpang lebih banyak dibandingkan dengan hari sebelumnya yaitu pada Ahad (14/4).

Pada Senin (15/4), kapal KM Dharma Kartika II dengan tujuan Surabaya-Banjarmasin berlabuh di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sekitar pukul 13.00 WITA.

Isak Luhukay, Kasi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal KSOP Kelas I Banjarmasin, mengonfirmasi bahwa terjadi peningkatan jumlah penumpang kapal laut pada H+5 Idulfitri 2024.

“Hari ini (Senin) KM Dharma Kartika Il dari Surabaya menuju Banjarmasin merapat di Pelabuhan Trisakti. Untuk jumlah penumpang yang turun mulai dewasa hingga bayi tercatat sebanyak 1.125 orang,” ucapnya, dilansir dari Kalimantan Post, Selasa (16/4).

Isak menyatakan bahwa esok (Selasa 16/4) akan ada lagi kapal dari Dharma Lautan Utama yang akan bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, yakni KM Dharma Rucitra I.

“Cuaca hari ini sangat cerah, aman dan terkendali. Sehingga perjalanan jalur laut juga cukup nyaman bagi penumpang,” kata Isak.

Baca Juga: Belasan Ribu Pemudik Kalsel Sudah Lebih Dulu Berangkat ke Pulau Jawa

“Mungkin saja puncak arus baliknya hari ini. Mengingat jumlah penumpang yang mencapai 1.125 orang. Sedangkan kemarin (Ahad) lebih sedikit berkisar antara 800-900an penumpang saja,” tambahnya.

Isak menyampaikan bahwa sampai saat ini, arus mudik dan arus balik lebaran Idulfitri 1445 H berjalan lancar tanpa kendala. Dia juga berharap cuaca terus bersahabat agar perjalanan penumpang melalui jalur laut tetap aman dan nyaman.

Sementara itu, M Rahman, seorang penumpang KM Dharma Kartika I yang baru saja tiba di Pelabuhan Trisakti menyatakan bahwa dia sangat menikmati perjalanan dari Surabaya ke Banjarmasin.

“Perjalanan laut sangat nyaman, ombak juga tidak tinggi. Saya bersama isteri dan tiga orang anak,” ucap warga A. Yani, Km 8 ini.

Rahman juga menyatakan bahwa tidak ada masalah dalam pemesanan tiket di PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Banjarmasin. Dia juga mengungkapkan bahwa DLU telah membuka layanan pemesanan tiket secara online jauh sebelumnya.

Pada Senin ini, jumlah penumpang yang turun dari KM Dharma Kartika II adalah 870 dewasa, 217 anak-anak, dan 38 bayi. Adapun kendaraan yang turun meliputi 23 sepeda motor, 119 mobil, 1 truk sedang, 8 truk besar, dan 2 tronton. Selain itu, terdapat 34 sopir dan kernet yang turun.

Sumber: Kalimantan Post

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!