Media Berkemajuan

13 April 2024, 11:58

Belasan Ribu Pemudik Kalsel Sudah Lebih Dulu Berangkat ke Pulau Jawa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Para pemudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yang mulai padat. [Foto: KlikKalsel.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Berdasarkan keterangan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin, sebanyak 15.721 pemudik dari Kalimantan Selatan berangkat lebih awal ke Pulau Jawa menggunakan kapal dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Hingga hari keenam Posko Angkutan Laut Lebaran 2024 dibuka, total 15.721 penumpang kapal berangkat dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” ucap Kasubbag Umum dan Hubungan Masyarakat KSOP Kelas I Banjarmasin, Deni Hendra Mulyadi, dilansir dari Suar Indonesia, Selasa (2/4).

Jumlah total 15.721 pemudik yang terdiri dari 12.765 penumpang biasa dan 2.956 sopir serta kernet mobil truk.

“Selama enam hari ini sudah mulai menunjukkan peningkatan jumlah penumpang mudik jalur laut. Pada hari pertama hingga hari ketiga tidak terlalu signifikan. Tetapi setelah hari ketiga hingga hari keenam mulai meningkat dari yang tadinya ratusan penumpang, lalu mencapai ribuan,” ucapnya.

Baca Juga: Motor Listrik Dilarang Masuk Kapal Laut Saat Mudik, Ini Alasannya!

Deni mengkonfirmasi bahwa jumlah transportasi yang menyeberang ke Pulau Jawa mencapai 2.821 kendaraan pada hari keenam. Dia memastikan bahwa penyelenggaraan pos angkutan laut di Pelabuhan Trisakti berjalan lancar berkat kerja sama antara petugas, operator kapal, dan calon penumpang.

Deni juga mengimbau agar calon penumpang mematuhi jadwal keberangkatan untuk mencegah lonjakan atau penumpukan di pelabuhan.

KSOP Banjarmasin telah membuka Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran 2024 selama satu bulan, mulai dari 26 Maret hingga 26 April 2024.

Pos koordinasi terdiri dari 180 personel yang berasal dari berbagai instansi, termasuk KSOP Kelas I Banjarmasin, Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin, Kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin, Polairud, Polisi Sektor Pelabuhan Laut Banjarmasin, Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin, Kantor SAR Banjarmasin, Pelindo Sub Regional Kalimantan, PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, PT Berlian Lautan Sejahtera Banjarmasin, dan PT Timur Mila Utama Banjarmasin.

Sumber: Suar Indonesia

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!