Media Berkemajuan

26 Februari 2024, 05:01

Arab Saudi Rencanakan Kereta Api Mewah yang Lintasi Gurun

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kereta Api mewah yang akan lintasi gurun pada akhir 2025 [Foto: Viva.co.id]

Arab Saudi mu4.co.id – Perusahaan kereta api negara Saudi Arabia Railways (SAR) telah mengumumkan rencananya untuk mengoperasikan kereta api mewah pertama di Arab Saudi di perbatasan utara negara tersebut pada akhir tahun 2025.

Baru-baru ini, perusahaan kereta api Saudi Arabia Railways (SAR) dan Arsenale Group, perusahaan perhotelan Italia, menandatangani kontrak senilai 200 juta riyal Saudi (setara dengan Rp 845,5 miliar) untuk merilis Dream of the Desert, sebuah kereta mewah yang akan beroperasi dari Riyadh ke Al Qurayat melintasi gurun Arab.

“Tahap produksi awal gerbong Dream of the Desert di Italia baru-baru ini dimulai, dan kami tidak sabar menunggu debut kereta pertama kami di kerajaan tersebut dalam beberapa tahun mendatang,” jelas Paolo Barletta, CEO Arsenale dilansir dari VIVA.co.id, Sabtu (10/2).

Baca Juga: Bolehkah Membawa Kereta Bayi di Pelataran Ka’bah?

Kereta mewah dengan empat puluh kabin sedang dibangun di Italia yang terinspirasi oleh gaya dan tradisi Saudi. Rencananya, kereta ini akan dikirim ke Kerajaan Timur Tengah pada musim panas 2025, dengan perjalanan pertama untuk penumpang dijadwalkan pada November 2025.

Dengan kapasitas hingga 80 orang, kereta ini akan beroperasi di jalur sepanjang 1.300 kilometer. Tamu dapat memilih untuk menginap selama satu atau dua malam di dalamnya.

“Perjanjian ini merupakan salah satu inisiatif Strategi Nasional Pelayanan Transportasi dan Logistik untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendukung strategi terdepan nasional,” ucap Bashar Al-Malik. Dia juga mengungkapkan bahwa kereta mewah ini akan meningkatkan nilai pariwisata di dalam negeri.

Sebagai bagian dari Visi 2030, Arab Saudi meningkatkan investasi pariwisata untuk mengembangkan ekonomi negara di luar sektor minyak. Salah satu langkahnya adalah meluncurkan maskapai penerbangan nasional baru, Riyadh Air, pada Maret 2023.

Tujuannya untuk akhir tahun ini ialah meningkatkan lalu lintas udara hingga tiga kali lipat menjadi 330 juta penumpang.

Sumber: Viva.co.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!