Media Berkemajuan

20 September 2024, 02:34

Mulai September 2024, Isi Pertalite Wajib Menunjukkan Barcode. Begini Caranya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Barcode untuk isi pertalite
Pertamina mewajibkan untuk pembelian BBM Subsidi jenis Pertalite dan Biosolar agar menunjukkan Barcode [Foto: pasardana.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Mulai September 2024, Pertamina mewajibkan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Biosolar untuk kendaraan roda empat agar menunjukkan Barcode.

Oleh karena itu Pertamina meminta semua kendaraan roda empat pengguna BBM bersubsidi terlebih dulu mendaftarkan kendaraannya di laman subsiditepat.mypertamina.id.

“Tujuan penerapan ini untuk mendata pengguna BBM subsidi agar tepat sasaran,” bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari mengatakan Pertamina terus berupaya mendukung upaya-upaya penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. Salah satunya dengan melakukan pendataan pengguna BBM Subsidi melalui pendaftaran QR Code.

“Untuk itu, Pertamina Patra Niaga mengajak seluruh masyarakat untuk bijak dalam menggunakan BBM subsidi dan membantu pemerintah mengidentifikasi siapa saja pengguna BBM bersubsidi dari penggunaan QR code sebagai syarat untuk menggunakan BBM Pertalite,” ujar Heppy dalam keterangan tertulis, dilansir dari cnbcindonesia, Selasa (10/9).

Baca juga: Pembelian BBM Subsidi Bakal Dibatasi Per 1 September!

Heppy menambahkan, jumlah pendaftar yang terverifikasi dan telah mendapat QR Code saat ini mencapai 3,9 juta.

Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar adalah foto KTP, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

Siapkan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor ponsel, dan email.

Untuk seluruh dokumen agar dipastikan terbaca dengan jelas dan dikirim dalam format foto (jpg). Selain itu, agar memastikan foto yang diunggah jelas tidak pecah dengan resolusi tinggi agar memudahkan proses verifikasi.

Dan bagi pemilik kendaraan yang sebelumnya sudah pernah mendaftar di aplikasi mypertamina, maka ia hanya perlu melakukan verifikasi ulang.

Baca juga: Beli BBM Subsidi Wajib Perlihatkan QR Code, Ini Cara Daftarnya!

Berdasarkan pemantauan mu4.co.id di beberapa SPBU di kota Banjarmasin, sebagian petugas telah menerapkan aturan untuk setiap pembelian BBM jenis Pertalite dan Biosolar harus menunjukkan barcode (QR Code) dan apabila pemilik kendaraan belum memiliki barcode tersebut, maka petugas SPBU akan membantu melakukan verifikasi melalui handphone untuk memperoleh barcodenya.

Nampak beberapa antrean panjang di jalur pengisian Pertalite karena kebanyakan pemilik kendaraan belum mengetahui informasi keharusan menunjukkan barcode ini. Sehingga mereka terpaksa melakukan verifikasi ulang melalui handphone dari dalam mobil mereka.

[post-views]
Selaras