Media Berkemajuan

13 April 2024, 11:14

Waspada! Suhu Arab Capai 50 Derajat Saat Haji, Ini Yang Harus Diperhatikan!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
[Foto: mu4.co.id]

Arab Saudi, mu4.co.id – Jemaah haji Indonesia perlu waspada terhadap suhu ekstrem di Arab Saudi yang bisa mencapai 50 derajat Celsius selama musim haji 2024, dari bulan Mei hingga Juli. Berikut langkah-langkah yang harus diambil untuk menjalani ibadah haji dengan nyaman.

Arsad Hidayat, Direktur Bina Haji dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), menyatakan bahwa suhu di Arab Saudi diperkirakan akan mencapai 50 derajat Celsius tahun ini.

“Jadi saat musim haji nanti, terutama saat jemaah menjalani ibadah di puncak haji Armuzna (Arafah, Mina dan Muzdalifah) suhu di Arab Saudi bisa sampai 50 derajat. Ini sangat perlu diperhatikan jemaah,” ucap Arsad Hidayat, dilansir dari SindoNews, Ahad (31/3).

Baca Juga: Telah Lakukan Pelunasan, Ribuan Jemaah Haji Kalsel Siap Berangkat!

Arsad Hidayat dalam Bimbingan Teknis Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, menekankan pentingnya persiapan jemaah haji Indonesia menghadapi cuaca panas di Arab Saudi.

Arsad menyarankan jemaah haji Indonesia untuk tidak memaksakan diri melakukan ibadah sunah saat cuaca panas di Arab Saudi misalnya melaksanakan ibadah Arbain 40 waktu di Masjid Nabawi saat cuaca panas, karena pahala salat di mana pun di tanah suci tetap sama.

Dia menyarankan agar jemaah haji menghemat tenaga di awal kedatangan mereka baik di Madinah atau Makkah untuk bersiap menghadapi puncak ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah. Terutama saat kondisi panas ekstrem, jemaah diminta untuk mempertimbangkan kesehatan dan kebaikan diri sendiri.

Baca Juga: Kemenag Gelar Penyampaian Informasi Haji dan Umrah Tahun 2024, Undang Seluruh Elemen Masyarakat Se-Kota Banjarmasin

“Penting jemaah perhatikan, saat penyelengaraan ibadah sepanjang musim haji untuk mempertimbangkan afdal dengan mengabaikan kemaslahatan jiwa,” tuturnya.

Jemaah haji disarankan untuk mempersiapkan barang-barang yang diperlukan untuk menghadapi suhu udara panas selama perjalanan ke Tanah Suci.

Selain itu, mereka juga diingatkan untuk menjaga kondisi fisik agar tetap bugar selama menjalankan ibadah haji. Beberapa barang yang perlu dipersiapkan jemaah haji Indonesia meliputi payung, menggunakan lips balm, rajin minum air putih atau zamzam untuk mencegah dehidrasi, membawa kacamata hitam, menggunakan sandal, dan mengonsumsi vitamin.

Sumber: SindoNews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!