Media Berkemajuan

26 Mei 2024, 03:23

Urai Kemacetan, Pemkot Banjarmasin Bangun Jembatan Jalur Sungai Andai-Cemara Ujung. Anggaran Sudah Siap!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Kondisi kemacetan di jembatan Sungai Andai [Foto: kanalkalimantan.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin akan membangun jembatan antara Sungai Andai dan Cemara Ujung. Hal tersebut dilakukan lantaran kerap kali terjadi kemacetan di kawasan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara itu.

Untuk diketahui, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin mencatatkan terdapat 40 titik kemacetan di Banjarmasin. Adapun jembatan tersebut nantinya akan dibangun dengan desain jembatan gantung, yang akan mulai dibangun pada awal Juli 2024 mendatang.

Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah Rabu (17/04/2024) menyebutkan anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut sudah disiapkan yaitu sebesar Rp 26 miliar. Adapun untuk tahap selanjutnya, ia mengatakan ada pada APBD Perubahan.

Baca juga: Solusi Kemacetan, Ibnu Sina Rencanakan Bangun Jembatan Tembus Cemara Sungai Andai

Diketahui sebelumnya Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan survei di sana.

“Ini sebagai solusi terhadap permasalahan kemacetan di perempatan Sultan Adam. Karena selama (ini) 40 ribu lebih warga Sungai Andai keluarnya dari sana. Andai 10 persen saja yang beraktivitas artinya ada 4 ribu penduduk yang keluar masuk sana,” katanya.

Sementara itu, Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Banjarmasin, Syafiq Huwaida menambahkan, bahwa jembatan gantung itu hanya digunakan untuk kendaraan roda dua. Sementara untuk roda empat hanya yang bersifat emergency atau kedaruratan yang boleh melintas, seperti ambulans dan pemadam kebakaran.

Baca juga: Atasi Macet Parah, Dinas PUPR Banjarmasin Rencanakan Pelebaran Jalan Sei Andai

Sumber: banjarmasinpost.co.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!