Media Berkemajuan

25 Mei 2024, 07:00

Upaya Pengendalian Inflasi, Disdag Kalsel Gelar Pasar Murah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Pasar Murah [Foto: anataranews.com]

Banjarmasin, mu4.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalsel kembali menyelenggarakan operasi pasar barang kebutuhan pokok, yang bertujuan untuk mengendalikan inflasi di wilayah Kalsel.

Kegiatan ini digelar selama 3 hari, mulai Rabu (20/9/2023) hingga Jumat (22/9/2023), yang bertempat di Siring 0 Km Banjarmasin, Halaman eks Kantor Gubernur Kalsel, Kawasan Siring 0 Km, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin Tengah.

Sejumlah komoditi disediakan pada pasar murah kali ini, seperti beras medium dan premium, bawang merah dan bawang putih, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, ikan segar, cabai, telur ayam ras, daging ayam ras, dan daging sapi.

Dalam kegiatan pasar murah tersebut Disdag kebagian membagikan minyak goreng, gula, dan tepung.

Baca juga: Imbas Penjualan Online, Pedagang Pasar Sudimampir dan Antasari Keluhkan Sepi Pembeli

Kepala Seksi Pengendalian Bahan Pokok Penting Disdag Kalsel Mahyudin mengatakan, “Selama kegiatan pasar murah ini, Disdag menyediakan Minyak goreng sebanyak 10.800 liter, gula sebanyak 4.500 kilogram, dan tepung 1.800 kilogram, dan masyarakat masing-masing hanya boleh membeli sebanyak 2 barang,”

Secara keseluruhan, harga-harga bahan kebutuhan pokok selama operasi pasar murah ini dijual dibawah harga pasaran yang telah disubsidi oleh pemerintah, seperti harga minyak goreng sebesar Rp11.000/liter, gula Rp12.000/kg, dan tepung Rp10.000/kg.

Namun, masyarakat tak bisa membeli sesuka hati, ada batasan jumlah pembelian yang diterapkan panitia agar distribusi merata.

Selama pasar murah berlangsung antusias masyarakat sangat tinggi, dalam satu jam bahan pokok yang disediakan habis. “Semoga dengan adanya pasar murah menurunkan inflasi di Kalsel yang berada kisaran 3,93%,” tutur Mahyudin.

Warga merasa senang dengan adanya pasar murah ini yang dapat membantu kebutuhan pokok di rumah. Sri salah satu warga mengatakan, “Setiap ada pasar murah selalu di datengin, karena harganya yang lebih murah.” ujarnya.

Sumber: banjarmasinpost.co.id

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!