Media Berkemajuan

26 Februari 2024, 05:17

Tenggelam 111 Tahun, Peneliti Ungkap Model 3D Bangkai Kapal Titanic

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Model 3D Bangkai Kapal Titanic. [Foto: dream.co]

Jakarta, mu4.co.id – Setelah tenggelam 111 tahun yang lalu, akhirnya untuk pertama kalinya para peneliti menciptakan model tiga dimensi (3D) ukuran penuh bangkai kapal Titanic.

Kapal Titanic tenggelam pada 15 April 1812 dan menewaskan 1.517 orang.

Model tiga dimensi ini dibuat dengan data yang dikumpulkan setelah ekspedisi enam minggu ke lokasi bangkai kapal Atlantik Utara itu pada musim panas 2022.

Misi tersebut mengumpulkan 16 TB data dari bangkai kapal yang terkubur 3.800 meter di bawah permukaan laut.

Baca Juga: Benarkah Pesawat MH370 yang Hilang 9 Tahun Ditemukan di Dasar Laut? Simak Faktanya

Gambar digital Kapal Titanic dibuat menggunakan pemetaan laut dalam Titanic.

Sangat terperinci, bahkan nomor seri bilah baling-baling dibuat dalam gambar 3D.

Seorang ahli Titanic, Parks Stephenson, yang telah mempelajari kapal tersebut selama 20 tahun terakhir mengatakan, menggambarkan proyek tersebut sebagai “pengubah permainan sejati”.

“Apa yang kami lihat untuk pertama kalinya adalah penggambaran yang akurat dan benar, dari seluruh situs kecelakaan dan puing-puing,” paparnya.

Detail gambar digital ini tidak pernah dilihat sebelumnya dan ini memungkinkan para peneliti untuk membangun semua yang telah dipelajari dalam melihat kecelakaan kapal tersebut.

“Kami memiliki data aktual yang dapat diambil oleh para insinyur untuk memeriksa mekanik sejati di balik perpisahan dan tenggelam, dan dengan demikian semakin dekat dengan kisah nyata bencana Titanic,” pungkasnya.

Seperti diketahui, kapal Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es. Namun, hingga kini misteri tenggelamnya kapal Titanic masih dipelajari.

Sumber: cnnindonesia.com sindonews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!