Media Berkemajuan

17 April 2024, 21:56

Resmi Kerja Sama, Mitra Plaza Jadi Milik Pemerintah Kota Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Mitra Plaza [Foto: metrolkalsel.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Pemerintah Kota Banjarmasin resmi menjalin kerja sama dengan PT Kharisma Inti Mitra (KIM). Penandatanganan kerja sama telah dilakukan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dengan Direktur Utama PT KIM Rudy Tanzil di Kampus Wisdom Komplek Smanda, Banjarmasin Timur, Jumat (31/3/2023).

Kerja sama ini terkait hak pengelolaan gedung Mitra Plaza. Kerja sama dilakukan selama 30 tahun hingga 2053 mendatang.

Turut hadir notaris, pihak PT KIM serta pejabat di Lingkungan Pemerintahan Kota Banjarmasin dan Wakil Ketua II DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali.

Ibnu Sina menyatakan, kini gedung Mitra Plaza menjadi milik Pemerintah Kota Banjarmasin.

Terdapat beberapa dokumen yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, salah satunya dokumen legalitas perpanjangan kontrak serta berita acara penyerahan bangunan kepada Pemerintah Kota Banjarmasin.

Ia mengatakan, selama kerja sama yang lalu tidak ada menyebutkan status bangunan yang dikuasai oleh PT KIM yakni Mitra Plaza untuk menjadi aset Pemerintah Kota Banjarmasin saat kontrak usai.

Ibnu Sina juga menjelaskan, dalam perjanjian kontrak yang baru maka hal tersebut diatur. Bahkan, akhirnya bangunan Mitra Plaza kini menjadi milik Pemerintah Kota Banjarmasin yang kemudian bangunannya dikelola kembali oleh PT KIM.

Kerja sama akan berlangsung selama 30 tahun. Namun, kontrak ini akan dievaluasi per lima tahun begitu pula dengan besaran kontribusi yang harus dibayarkan oleh PT KIM ke kas daerah Pemerintah Kota Banjarmasin sebesar Rp 300 Juta.

Sehingga ada kemungkinan besaran kontribusi per tahun bisa naik dan turun.

Sama halnya dengan laba atau keuntungan yang harus diberikan oleh PT KIM kepada Pemerintah Kota Banjarmasin dengan persentase 3 hingga 7 persen per tahun.

Sebelumnya status Mitra Plaza ini sudah digantung sekitar empat tahun dan dengan adanya penandatanganan ini akhirnya status Mitra Plaza menjadi jelas.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!