Banjarmasin, mu4.co.id – Indonesia kembali menjadi negara kedua dengan konsumsi mie instan tertinggi di dunia, dengan tingkat konsumsi mencapai belasan juta porsi.
Mie instan sering dipilih sebagai pilihan makanan yang praktis, terjangkau, dan mudah didapat. Sejak beberapa dekade yang lalu, mie instan telah menjadi pilihan makanan darurat ketika tidak ada opsi lain yang tersedia.
Di era modern, popularitas mie instan di Indonesia semakin meningkat pesat, yang ditandai dengan munculnya berbagai merek baru serta varian rasa yang semakin beragam. Tidak mengherankan bahwa tingkat konsumsi mie instan di Indonesia sangat tinggi.
Baca Juga: Tips Aman Masak Mie Instan Ala Dosen UMM
Dilansir dari detik food pada Senin (27/5), data terbaru dari World Instant Noodles Association (WINA) menunjukkan bahwa Indonesia kembali menduduki posisi kedua sebagai negara dengan konsumsi mie instan tertinggi di dunia. Posisi pertama ditempati oleh China dan Hong Kong, dengan rata-rata konsumsi mencapai 45 juta porsi mie instan setiap tahunnya.
Sementara di Indonesia, konsumsi mie instan terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2019, konsumsi mie instan mencapai 12,5 juta porsi per tahun, yang kemudian meningkat menjadi 13,2 juta porsi pada tahun 2021. Bahkan, pada tahun 2021, Indonesia sempat menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan konsumsi mie instan tertinggi.
Jumlah konsumsi ini terus meningkat di tahun-tahun berikutnya, mencapai puncaknya pada tahun lalu dengan 14,5 juta porsi. Sehingga, WINA kembali menempatkan Indonesia di posisi kedua dari 56 negara dengan konsumsi mie instan tertinggi di dunia.
Data yang dirilis oleh WINA menunjukkan bahwa sebagian besar negara dengan konsumsi mie instan tertinggi adalah negara-negara di Asia. Salah satunya India yang menempati posisi ketiga dengan konsumsi sebanyak 8,8 juta porsi mie instan per tahunnya.
Baca Juga: Momen Mengejutkan, Imam Masjidil Haram Cari Makanan Ini ke Mahasiswa Indonesia!
Di peringkat berikutnya, Vietnam mencatat konsumsi sebanyak 8,1 juta porsi mie instan, sementara Filipina menempati posisi keenam dengan 4,3 juta porsi, diikuti oleh Thailand di posisi kesembilan dengan 3,9 juta porsi, dan Malaysia di posisi ketiga belas dengan konsumsi sebanyak 1,6 juta porsi per tahun.
Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi beberapa merek mie instan ternama, seperti Indomie, yang produknya telah dikenal secara internasional. Hal ini menyebabkan konsumsi mie instan di negara lain juga terus meningkat setiap tahunnya.
Bukti lain dari popularitas mie instan di Indonesia adalah kemunculan berbagai varian mie instan di pasaran. Netizen pun sering mengkreasikan mie instan menjadi berbagai sajian lezat, beberapa di antaranya bahkan menjadi viral di media sosial.
Sumber: detik food