Media Berkemajuan

29 Februari 2024, 05:38

Menuju Sekolah Adiwiyata, SMPM 3 Banjarmasin Rangkai Vertical Garden

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Banjarmasin, mu4.co.id – SMP Muhammadiyah 3 Banjarmasin bekerja sama dengan Mahasiswa PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) Prajabatan Universitas Lambung Mangkurat dalam Program Pendampingan Karakter dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Proyek yang dijalankan berupa penghijauan sekolah dengan Vertical Garden (Taman/Kebun Vertikal).

Kegiatan ini wajib diikuti seluruh murid kelas 7. Beberapa murid kelas 8 dan 9 yang berasal dari Science Club turut membantu membuat media tani dari botol bekas minuman. Tim Mahasiswa juga mengarahkan dan membimbing murid dalam prosesnya.

“Hari ini sesuai agenda, kami membuat rangka, pot, menghias sesuai kreatifitas, dan menyemai. Minggu yang akan datang itu sudah mulai memasukan tanah dan tanaman. Kemudian perawatan,” ujar Artoni Yahya, S.Pd., Ketua Pelaksana Proyek Perubahan saat diwawancarai pada Jumat, (24/2/2023).

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Lambung Mangkurat  Banjarmasin itu memaparkan bahwa proyek ini dijadwalkan akan selesai dalam 4 minggu. “21 Maret sebelum Bulan Ramadhan rencananya akan diadakan pamerannya.”

Bibit yang akan ditanam adalah sawi, seledri, kangkung, bayam merah & putih, timun, dan tanaman hias. Nantinya tumbuhan ini akan dirawat oleh para siswa hingga dapat dipanen dan dikonsumsi.

“Semoga kegiatan proyek ini memberikan dampak yang besar ke sekolah dan terus berlanjut setelah kami nggak ada. Kami berharap Vertical Gardennya terus dijaga, karena kami buat yang paten. Bisa bertahan sampai 10 tahun. Jadi ke depannya harus ada perawatan yang lebih maksimal dari sekolah,” harap Artoni Yahya.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!