Media Berkemajuan

16 Juni 2024, 08:44

Mendag Resmikan Mizan Mart, Usaha Ritel PDM Lamongan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan resmikan Mizan Mart, mini market milik PDM Lamongan, Sabtu [6/5] [Foto: muhammadiyah.or.id]

Lamongan, mu4.co.id – Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, menyatakan dukungannya terhadap langkah Muhammadiyah meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat gerakan pembangunan ekonomi ritel Mizan Mart.

Hal tersebut dia sampaikan saat meresmikan langsung Mizan Mart yang didirikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Lamongan, Sabtu (6/5/2023). Mizan Mart berada di lingkungan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al Mizan Muhammadiyah Lamongan.

Menurut Zulkifli, warung yang berkembang menjadi mart (pasar) menjadi cikal bakal kebangkitan ekonomi yang diimbangi dengan mental entrepreneur atau jiwa berwirausaha yang kuat.

“Mental entrepreneur atau jiwa usaha untuk dapat membangkitkan ekonomi, harus di mulai dari yang kecil, dimulai dari warung, mart, grosir, pabrik, logistik, dan ini harus dijalankan secara rajin dan sungguh-sungguh,” tutur Mendag Zulkifli.

Dia menambahkan, kemajuan suatu negara ditentukan melalui penguasaan pasar dunia. Sehingga untuk mencapainya, maka usaha-usaha kecil di lingkup lokal harus dimulai dan dikembangkan secara masif.

“Kita dapat menjadi tuan di negeri sendiri karena bidang ekonomi, apabila ada kesenjangan dan ketidaksetaraan, ini tidak bisa marah-marah karena itu tidak cukup, sehingga harus kita sendiri yang mau berubah melalui perdagangan,” tegasnya.

Baca juga: Terobosan Muhammadiyah Untuk Mengembangkan Lini Bisnis dengan Mendirikan Pabrik Infus

Sementara itu, Ketua PDM Lamongan, Sodikin menyebut jika hadirnya mini market milik Muhammadiyah ini adalah bentuk usaha Muhammadiyah dalam menggerakkan dan membangkitkan  ekonomi masyarakat  Lamongan.

“Kami membuat kegiatan usaha ritel dan grosir untuk membantu menggerakkan ekonomi masyarakat. Kegiatan ini bisa terlaksana berkat sinergi dengan Pemkab Lamongan. Kedepan kami akan terus menggali potensi daerah, dengan melibatkan banyak warga masyarakat, agar ekonomi masyrakat semakin kuat,” ujarnya.

Menanggapi Sodikin, Bupati Lamongan Yuhronur Effendi  menyambut baik berdiri dan beroperasinya  Mizan Mart di Lamongan.

“Kedepan kami berharap Mizan Mart dapat berkolaborasi dengan Pemkab Lamongan lebih luas lagi, dengan menerima, mendistribusikan, dan ikut serta memasarkan produk-produk UMKM di kabupaten Lamongan,” ujar Bupati. (muhammadiyah.or.id)

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!