Media Berkemajuan

17 April 2024, 21:08

Kini Saudi Izinkan Jemaah Gunakan Skuter Listrik dan Sepeda Keliling Kota Makkah dan Situs-situs Suci

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Arab Saudi izinkan jemaah gunakan skuter listrik dan sepeda keliling kota Makkah dan situs-situs suci [Foto: kumparan.com]

Makkah, mu4.co.id – Baru-baru ini Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Tempat Suci, yang diwakili oleh Pusat Transportasi Umum, telah menerapkan inisiatif yang bertujuan untuk memperbolehkan penggunaan alat transportasi ringan, termasuk skuter dan sepeda.

Masyarakat juga diajarkan tentang cara menggunakannya dengan aman di kota Makkah dan tempat-tempat suci.

Mereka memperbolehkan penggunaan skuter dan sepeda di jalur pejalan kaki, lingkungan sekitar, tempat parkir, dan sekitar Jabal Rahmah di Arafah, serta di Universitas Umm Al-Qura.

Baca juga: Menag Luncurkan Seragam Batik Jemaah Haji 2024, Begini Tampilannya!

Melansir Saudi Gazette, Jumat (29/12/2023), peluncuran inisiatif ini melibatkan sejumlah mitra dari otoritas terkait di Makkah dan tempat suci, termasuk wali kota Makkah, Otoritas Umum Transportasi, Universitas Umm Al-Qura, dan Perusahaan Pembangunan Kidana.

Universitas Umm Al-Qura sendiri menyediakan 30 skuter yang tersebar di empat stasiun di seluruh kampus universitas. Mereka juga menyediakan 70 skuter listrik kepada lebih dari 1.100 peserta melalui cabang investasinya, Wadi Makkah for Technology Company, untuk berkontribusi meningkatkan lingkungan universitas dan masyarakat

Baca juga: Dengan Jumlah Jemaah Terbanyak di Dunia, Indonesia Perlu Susun Fikih Kemudahan Haji

Penggunaan Skuter Listrik di Masjidil Haram
Saudi sebelumnya telah mengizinkan penggunaan skuter listrik bagi jemaah haji di Masjidil Haram. Menurut laporan kantor berita Saudi, SPA, pada musim haji 1444 H/2023 M, Otoritas Umum Transportasi (TGA) membatasi penggunaan skuter hanya untuk operasional pegawai pemerintah dan skuter yang memiliki izin dari otoritas terkait untuk jemaah haji.

Arab Saudi bolehkan penggunaan skuter listrik untuk jemaah melakukan tawaf [Foto: hidayatullah.com]

Kerajaan menyediakan lebih dari 1000 skuter dalam beberapa kategori untuk jemaah haji lanjut usia dan penyandang disabilitas. Skuter ini terdiri dari skuter roda empat, roda tiga, dan roda ganda.

Layanan skuter listrik bagi jemaah haji 2023 itu tersedia dari Jamarat ke Masjidil Haram untuk memudahkan perjalanan mereka ke dan dari Masjidil Haram.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!