Jakarta, mu4.co.id – Salah satu program yang dijalankan pemerintah saat ini adalah program MBG. Belakangan, program ini menjadi sorotan karena meningkatnya angka kasus keracunan makanan yang dialami pelajar. Untuk mengatasi hal tersebut, Badan Gizi Nasional (BGN) membuat kanal aduan khusus.
Masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini untuk menyampaikan laporan, keluhan, maupun masukan terkait program Makan Bergizi Gratis (MBG). Layanan ini dapat diakses lewat hotline maupun secara online.
Kepala Biro Hukum dan Humas BGN, Khairul Hidayati menyampaikan, ada dua nomor yang bisa dihubungi masyarakat terkait pengaduan dan pusat informasi program Makan Bergizi Gratis (MBG).
“Untuk memudahkan, kami menyediakan dua nomor yang bisa di hubungi, yakni 088293800268 (Opertor 1) dan 088293800376 (Operator 2). Setiap laporan akan diverifikasi dan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku,” ujar Hidayati dikutip dari laman resmi BGN, Sabtu (4/10).
Ia juga menyampaikan terkait jadwal hotline tersebut melayani aduan setiap Senin-Jumat, pada pukul 09.00-22.00 WIB.
Selain hotline, masyarakat juga bisa menyampaikan laporan dan aspirasi secara online melalui laman bgn.lapor.go.id. Ada formulir yang harus diisi oleh pelapor terkait keterangan laporan, seperti judul, isi, tanggal kejadian, tempat kejadian, dan kategori, serta dapat melampirkan berbagai dokumen sebagai pendukung.
Pengirim laporan tidak perlu khawatir terkait kerahasiaan identitas mereka, karena telah disediakan opsi anonim dan rahasia.
Wakil Kepala BGN, Nanik S. Deyang mengatakan, BGN juga memiliki akun media sosial resmi yang terbuka untuk untuk menerima pesan-pesan dari masyarakat dan pusat informasi.
“Di media sosial kami terbuka. Jadi, kalau masyarakat ingin DM (direct massage), kemudian melaporkan melalui media sosial, itu kami langsung respons,” kata Nanik dikutip dari laman Tempo, Sabtu (4/10).
Melalui kanal pengaduan, masayarakat dapat memiliki akses dan berkontribusi dalam mengawal program MBG.
(bgn.co.id, Tempo, detiknews)