Media Berkemajuan

28 Februari 2024, 13:37

Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar, Peserta Antusias Ikuti Pelatihan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print

Banjarmasin, mu4.co.id – Pelatihan jurnalistik dasar yang digelar oleh Majelis Pustaka dan Informasi PCM Banjarmasin 4 mendapat respon positif dari peserta. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu (31/8/2022) dimulai pukul 08.30 Wita hingga 17.00 Wita.

Adapun peserta yang berhadir berjumlah 17 peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai kalangan dari PCM Banjarmasin 4 dan dihadiri juga oleh Ketua PCM Banjarmasin 4.

Pemberian materi di bagi menjadi dua sesi, sesi pagi dan sesi siang. Pada sesi pagi materi disampaikan oleh Dadang Yulistya, Redaktur Senior Barito Post dan Dewan Redaksi Apahabar.com membahas tentang dasar-dasar jurnalistik dan teknik penulisan berita.

Selanjutnya, sesi siang materi disampaikan oleh Faturrahman, Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) Provinsi Kalsel, mantan ketua PWI Kalsel yang membahas tentang kode etik jurnalistik serta panduan wawancara praktis.

Pada sesi siang, peserta diminta untuk mempraktikkan wawancara sehingga setiap peserta melakukan simulasi wawancara dengan melontarkan satu pertanyaan yang mengandung salah satu unsur 5W+1H.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta cukup antusias mendengarkan materi dan saat sesi tanya jawab dibuka peserta juga aktif bertanya.

Renno, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan jurnalistik dasar ini sangat bermanfaat khususnya untuk para reporter mu4.co.id yang baru saja bergabung.

“Kegiatan ini sangat bagus tetapi untuk praktiknya kalau bisa ditambah lagi durasinya atau kalau ada waktu nantinya diadakan lagi pelatihan semacam ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap, pelatihan seperti ini akan terus dilaksanakan untuk meningkatkan skill para reporter maupun peserta yang berhadir.

Reporter: Alfina

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!