Media Berkemajuan

24 April 2024, 13:52

Dua Universitas Muhammadiyah Raih Peringkat Kampus Terbaik Se-Asean

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) [Foto: muhammadiyah.or.id]

Yogyakarta, mu4.co.id – Dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) berhasil masuk dalam daftar perguruan tinggi terbaik se-Asean berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh AppliedHE. AppliedHE adalah sebuah organisasi yang berkantor di 20 Sin Ming Lane, #02-60 Midview City, Singapura.

Dari total perguruan tinggi swasta tersebut, dua kampus Muhammadiyah berhasil lolos. Kedua kampus tersebut yakni Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sementara untuk kampus swasta lain diluar PTM yang berasal dari Indonesia diantaranya Bina Nusantara University, Universitas Teknokrat Indonesia, Telkom University, dan Universitas Islam Indonesia. Untuk kampus di negara lain diantaranya ada dari Philippines, Bangladesh, Hong Kong, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

“Dari capaian ini, tentu kami berharap, dengan masuknya kedua PTM akan menjadi pemacu dan pemicu untuk terus mengembang diri. Dan apa yang telah diraih oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini bukan hanya menjadi kebanggaan ke dua kampus tersebut, tapi juga menjadi kebanggaan kita bersama,” kata Prof Irwan Akib saat dikonfirmasi, Jum’at (24/2).

Dengan capaian tersebut, Prof Irwan Akib menaruh harapan besar, agar capaian ini dapat disyukuri dengan wujud mengimplementasikan bentuk kerja-kerja nyata dalam upaya meningkatkan prestasi ke depan.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto [Foto: pikiranrakyat.com]

Dalam laman resminya dikutip  di Purwokerto, Jum’at (23/2/2023) menyebutkan, Peringkat Universitas Swasta AppliedHE hanya memeringkat universitas swasta, menyoroti kualitas pengajaran & pembelajaran, kelayakan kerja, dan penelitian, serta keterlibatan masyarakat, internasionalisasi, dan reputasi kelembagaan.

Selain universitas dari ASEAN (Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam), edisi ‘plus’ kedua (2023) ini juga menampilkan universitas dari luar ASEAN, yaitu: Azerbaijan, Bangladesh, Hong Kong, Kazakhstan, dan Taiwan. [muhammadiyah.or.id]

Terkait dengan hal itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Irwan Akib mengungkapkan syukur dan terimakasih atas pemeringkatan yang dilakukan oleh AppliedHE sebagai lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!