Media Berkemajuan

20 Mei 2024, 00:39

Diperkirakan 3.000 Peserta Ramaikan Milad ke-111 Muhammadiyah di Banjarmasin yang Akan Dihadiri Prof Hilman Latief

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Logo Milad ke-111 Muhammadiyah tahun 2023 [Foto: mu4.co.id]

Banjarmasin, mu4.co.id – Diperkirakan 3.000 peserta akan ramaikan peringatan Milad ke-111 Muhammadiyah yang diselenggarakan di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Pada peringatan milad tahun ini Muhammadiyah mengusung tema “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta.” Di usianya yang ke-111 tahun, Muhammadiyah meneguhkan diri sebagai gerakan Islam yang tidak hanya fokus pada aspek keagamaan, tetapi juga memiliki peran penting dalam mengatasi isu-isu global, termasuk tantangan lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan dan kemanusiaan.

Muhammadiyah telah melewati berbagai situasi dan telah menjadi pelopor di berbagai bidang kehidupan bangsa. Termasuk juga turut berperan aktif dalam penanggulangan berbagai bencana alam serta terlibat banyak dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Bahkan dalam sejarahnya, Muhammadiyah termasuk ikut mendirikan negara Republik Indonesia melalui niat tulus dan kerja tanpa pamrih dari para pimpinan, anggota, kader, dan penggerak amal usahanya.

Cita-cita para pendiri Muhammadiyah adalah meneguhkan Islam sebagai agama yang mencerahkan dan menjadi rahmatan lil ‘alamin. Dalam jiwa Muhammadiyah, Islam memiliki tujuan-tujuan kesemestaan yang menuntun setiap muslim supaya mengerahkan segenap ikhtiar untuk mewujudkannya.

Baca juga: Semarak Milad Muhammadiyah ke-111, PWPM Kalsel Adakan Turnamen Mini Soccer Part 2 Tahun 2023

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menggelar peringatan puncak Milad ke-111 Muhammadiyah pada Sabtu, 13 Januari 2024 bertepatan dengan 1 Rajab 1445 Hijriah di halaman Kantor Pemerintah Kota Banjarmasin yang rencananya akan dihadiri salah seorang Ketua PP Muhammadiyah sekaligus Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D.

Ketua Panitia Pelaksana Milad ke-111 Muhammadiyah PWM Kalsel, Muhtar Ahmadi ketika dihubungi mu4.co.id, Rabu (3/1/2024) mengatakan semula panitia mengundang Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir untuk bisa berhadir di acara Milad tersebut tetapi ternyata beliau berhalangan.

“Sebagai gantinya insyaa Allah diwakilkan pada Bendahara Umum, Prof Hilman Latief.” ujarnya.

Muhtar Ahmadi juga menyampaikan pada peringatan puncak Milad ke-111 Muhammadiyah tanggal 13 Januari nanti juga akan dilaksanakan Tabligh Akbar yang disampaikan oleh ustaz Adi Hidayat.

“Kita sudah menghubungi sekretaris pribadi beliau, semoga saja ustaz Adi Hidayat bisa berhadir.” ungkap Muhtar Ahmadi, Rabu (3/1).

Muhtar Ahmadi, S.Pd., MM. [Foto: mu4.co.id]

Ketika ditanya terkait milad ke-111 Muhammadiyah, Muhtar Ahmadi mengharapkan keberadaan Muhammadiyah dapat semakin dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat, Muhammadiyah dapat semakin memberikan kontribusinya dalam mencerahkan peradaban bangsa, terlebih di tahun politik 2024 ini.

“Muhammadiyah bisa menjadi penyejuk sekaligus pemberi solusi bagi berbagai problema bangsa. Selain itu dalam berdakwah Muhammadiyah harus terus mencerdaskan dan menggembirakan. Terlebih bagi Banua Kalsel, Muhammmadiyah dapat turut berpartisipasi aktif dalam membangun dan mencerahkan banua, baik lewat dakwah keagamaan dan sosial, kesehatan, pendidikan dan bidang lain yang masih banyak memerlukan peran serta ormas termasuk Muhammadiyah.” ujar Muhtar Ahmadi.

Rangkaian milad ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Gowes (bersepeda santai) dan Senam Lansia yang rencananya akan dilaksanakan pada Ahad, 7 Januari 2024 mulai pukul 7 Wita sampai selesai di Siring Balaikota Banjarmasin, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Baca juga: Gowes dan Senam Lansia Keluarga Besar PWM Kalsel Meriahkan Rangkaian Milad ke-111 Muhammadiyah

Lebih lanjut Muhtar Ahmadi mengatakan ide kegiatan Gowes dan Senam Lansia ini merupakan hasil Rakernas Lembaga Seni Budaya, dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah beberapa waktu lalu dan akan dilaksanakan serentak di seluruh PWM se-Indonesia.

“Untuk Senam Lansia ini nantinya akan melibatkan ibu-ibu ‘Aisyiyah,” tutup Muhtar Ahmadi.

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!