Media Berkemajuan

20 September 2024, 11:38

Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024. Dadang Kahmad: Perintah Literasi Sudah Tertuang Dalam Ayat Al-Qur’an

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Ketua PP Muhammadiyah, Prof Dr dadang Kahmad saat membuka kegiatan Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024, Sabtu [24/8]

Surakarta, mu4.co.id – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Dr Dadang Kahmad, M.SI hadir dalam pembukaan Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 di lantai 2 Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (24/8).

Dalam sambutannya Dadang mengatakan saat ini sudah banyak media cetak yang tutup tetapi
Muhammadiyah memiliki majalah Suara Muhammadiyah yang terus eksis hingga saat ini. Ini membuktikan Muhammadiyah sangat peduli terhadap kegiatan literasi.

Dadang Menambahkan bahkan dalam Al-Qur’an, ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah perintah iqro, bacalah!

Selain itu dalam Al-Qur’an juga terdapat beberapa surah yang membahas tentang literasi diantaranya yakni surah Al Baqarah ayat 31

وَعَلَّمَ ءَادَمَ ٱلْأَسْمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ فَقَالَ أَنۢبِـُٔونِى بِأَسْمَآءِ هَٰٓؤُلَآءِ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Artinya: Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar!”

Baca juga: Rektor UMS Apresiasi Pelaksanaan Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024

Kemudian juga dalam Al-Qur’an surah An nur ayat 11-21, dimana pada ayat 11 membicarakan tentang jangan menyebarkan berita hoaks.

اِنَّ الَّذِيْنَ جَاۤءُوْ بِالْاِفْكِ عُصْبَةٌ مِّنْكُمْۗ لَا تَحْسَبُوْهُ شَرًّا لَّكُمْۗ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۗ لِكُلِّ امْرِئٍ مِّنْهُمْ مَّا اكْتَسَبَ مِنَ الْاِثْمِۚ وَالَّذِيْ تَوَلّٰى كِبْرَهٗ مِنْهُمْ لَهٗ عَذَابٌ عَظِيْمٌ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah kelompok di antara kamu (juga). Janganlah kamu mengira bahwa peristiwa itu buruk bagimu, sebaliknya itu baik bagimu. Setiap orang dari mereka akan mendapat balasan dari dosa yang diperbuatnya. Adapun orang yang mengambil peran besar di antara mereka, dia mendapat azab yang sangat berat.

Kemudian surah An Nur ayat 13 tentang jangan langsung percaya terhadap suatu berita.

لَوْلَا جَاۤءُوْ عَلَيْهِ بِاَرْبَعَةِ شُهَدَاۤءَۚ فَاِذْ لَمْ يَأْتُوْا بِالشُّهَدَاۤءِ فَاُولٰۤىِٕكَ عِنْدَ اللّٰهِ هُمُ الْكٰذِبُوْنَ

Artinya: Mengapa mereka (yang menuduh itu) tidak datang membawa empat saksi? Oleh karena mereka tidak membawa saksi-saksi, maka mereka itu dalam pandangan Allah adalah orang-orang yang berdusta.

Serta surah An Nur ayat 15 tentang menyebar berita hoaks adalah perkara besar.

اِذْ تَلَقَّوْنَهٗ بِاَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُوْلُوْنَ بِاَفْوَاهِكُمْ مَّا لَيْسَ لَكُمْ بِهٖ عِلْمٌ وَّتَحْسَبُوْنَهٗ هَيِّنًاۙ وَّهُوَ عِنْدَ اللّٰهِ عَظِيْمٌ ۚ

(Ingatlah) ketika kamu menerima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar.

Dan di surah An Nur ayat 20 mengenai larangan menyebar kebohongan.

وَلَوْلَا فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهٗ وَاَنَّ اللّٰهَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

Dan kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu (niscaya kamu akan ditimpa azab yang besar). Sungguh, Allah Maha Penyantun, Ma-ha Penyayang.

Pada kesempatan itu, Dadang Kahmad kemudian membuka Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 di Surakarta dengan mengucapkan basmalah.

[post-views]
Selaras