Media Berkemajuan

22 Februari 2024, 08:24

24 Sekolah dan Panti Ikuti Jambore Wilayah III Hizbul Wathan Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Print
Perkemahan Jambore HW Kalsel

Tanah Laut, mu4.co.id – 24 Sekolah dan Panti Muhammadiyah se-Kalimantan Selatan ikuti Jambore Wilayah III Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kalimantan Selatan.

Rinciannya, terdapat 9 Pandu Hizbul Wathan (HW) SMA, 10 Pandu HW SMP, dan 5 Pandu HW Panti Muhammadiyah, setiap sekolah dan panti mengirimkan perwakilan putra dan putri yang berusia 11-19 tahun.

Kegiatan Jambore dilaksanakan setiap 4 tahun sekali dan sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali. 

Jambore ini bertepatan dengan Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan. 

Kegiatan Jambore dilaksanakan pada 27-29 Januari 2023 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai, Tanah Laut, dengan mengusung tema “Menggembirakan Dunia Kepanduan, Memajukan Kalimantan Selatan”.

“Dipilihnya lokasi RTH ini karena selain karena untuk memeriahkan acara musyawarah wilayah, jambore ini memang harus dilaksanakan di alam terbuka atau yang memenuhi syarat,” ungkap Agus Syukran selaku panitia ketika ditanya perihal pemilihan lokasi perkemahan Jambore.

Tujuan dari pelaksanaan Jambore yakni untuk mempererat tali persaudaraan sesama pandu Hizbul Wathan se-Kalimantan selatan, kemudian memperkuat keimanan, ketaqwaan, skill dan keterampilan sebagai pandu Hizbul Wathan. Sehingga ilmu yang didapat pada kegiatan ini dapat diamalkan di kafilah masing-masing.

Terdapat berbagai rangkaian kegiatan yakni, karnaval budaya, pemberian materi-materi, panggung seni dan hiburan, pawai taaruf, dan terakhir ada game persahabatan.

Para peserta yang mengikuti Jambore ini juga sangat antusias.

“Alhamdulillah, peserta yang ikut pada kali ini lebih banyak daripada yang sebelum-sebelumnya, jadi kami sangat bersyukur semoga ini menjadi modal HW Kalsel nanti suatu saat menjadi tuan rumah Jambore nasional HW,” pungkas Agus.

Sebanyak 58 panitia dan tim medis ikut serta dalam kegiatan ini. 

Agus juga menyampaikan harapannya, “Semoga anak-anak dengan cuaca seperti ini mudah-mudahan anak-anak tetap sehat dan menjalankan kewajibannya sebagai muslim, sebagai pandu islam dan setelah pulang juga tidak ada yang sakit atau tidak ada yang kurang satupun.”

[post-views]
Selaras
error: Content is protected !!